RI Jadi Andalan Cetak Pelaut dan Penerbang

Jakarta, Pelita Edisi Kamis , 05 Juni 2008
Indonesia menjadi negara andalan bagi sejumlah negara, seperti China, Malaysia, India dan negara-negara ASEAN lainnya untuk mencetak tenaga penerbang dan perwira pelaut. Disamping mereka mengirim siswa dari negaranya, mereka juga merekrut tenaga siap pakai.
Kebutuhan dunia terhadap tenaga penerbang sangat besar dan hingga kini belum bisa terpenuhi, sementara untuk tenaga pelaut khususnya tingkat perwira pelaut setiap tahunnya dibutuhkan sekitar 10.000 orang.
Kepala Badan Diklat Departemen Perhubungan (Dephub), Dedi Darmawan, di Jakarta, kemarin, mengatakan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, diburu sejumlah negara di kawasan Asia untuk menutupi kebutuhan tenaga penerbang.


Lulusan STPI Curug diperebutkan
bukan hanya karena kualitas lulusannya, tapi juga pengakuan dunia internasional terhadap sekolah tersebut yang menerapkan materi pendidikan (silabus) dari FAA (Federation Aviation Administration) dan ICAO (International Civil Aviation Organization).
Maskapai penerbangan dari negara sahabat tersebut, bukan hanya sekadar ingin mengirim para pemudanya mengikuti pendidikan penerbang, tapi juga mengajak kerjasama membangun sekolah penerbang yang dapat mencetak penerbang profesional. Seperti India yang terus mendesak Kabadan Diklat Dephub segera merealisasikan kontrak kerjasama. Demikian juga dengan Malaysia dan China.
Kita sekarang kewalahan memenuhi permintaan. Bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Permintaan itu tidak hanya terbatas kepada tenaga penerbang, tapi juga perwira pelaut. Mereka berdatangan kepada kita untuk meminta lulusannya dikirim, kata Dedi.
Dikatakan, kalau tenaga pelaut, terbuka peluang untuk langsung dikirim ke sejumlah negara yang kekurangan tenaga perwira. Tapi untuk penerbang, sulit dipenuhi karena untuk memenuhi permintaan dari dalam saja masih kurang.
Ini adalah potensi paar yang paling besar. Karena itu kita terus memperkuat potensi itu dengan terus mengembangkan STPI Curug sebagai sekolah penerbang yang akan meluluskan tenaga penerbang yang profesional, katanya.
Terkait dengan kebutuhan itu, baru-baru ini Badan Diklat Dephub mewisuda taruna sebanyak 1.103 orang taruna. Wisuda masal itu langsung dikukuhkan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Ini merupakan wisuda terbesar dari berbagai disiplin ilmu transportasi milik Dephub.
Jusman mengatakan saat ini ada ribuan tenaga siap pakai dari program studi transportasi darat, laut dan udara di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Dephub. Mereka diharapkan mampu mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, andal, terpadu, dan efisien.(y)

Dikutip hari ini dari Harian Umun Pelita

2 Responses to “RI Jadi Andalan Cetak Pelaut dan Penerbang”


  1. 1 Sugeng Riyadi Desember 17, 2008 pukul 12:45 am

    mudah-mudahan nurtanio ngadek maneh mas,be’e ono yang di sopirin

  2. 2 chelvin buce sub Mei 18, 2009 pukul 3:56 pm

    hi met sore aku buce sub
    dari manado bahwa saya ingin masuk stpi curuk jakarta untuk itu saya minta brosur pendaftaran &persyaratan masuk kemudian biaya pendartaran masuk dan jurusan yang ada di stpi.
    dan ini alamatku:
    Nama : Buce sub
    jenis kelamin : laki-kaki
    umur :19 tahun
    ttl : korupun,05 juli 1989
    website:bucesub@yahoo.com
    alamat : jalan P.Halmahera no.29.lingk.V.kel.kleak manado
    Propinsi : sulawesi utara


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Anda adalah pengunjung ke:

  • 16,997 hits
Juni 2008
R K J S M S S
    Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

%d blogger menyukai ini: