Asing Butuh Ribuan Tenaga Pelaut Indonesia

Minggu, 10 Agustus 2008 12:09 WIB
Penulis : Silvia W
JAKARTA–MI: Jumlah pelaut Indonesia yang bekerja di perusahaan pelayaran asing saat ini mencapai 83 ribu orang. Jauh lebih banyak dibandingkan yang bekerja di perusahaan lokal sekitar 43 ribu orang.Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Departemen Perhubungan Dedi Darmawan mengatakan, untuk mengimbangi tingginya permintaan pelaut tersebut, Badan Diklat menggenjot pendidikan kepelautan. “Targetnya 1000 pelaut dicetak dalam setahun,” ujarnya di Jakarta.

Menurutnya, pulihnya permintaan atas pelaut Indonesia itu terutama didorong kebutuhan tenaga pelaut yang tinggi untuk pelayaran internasional. Sedikitnya dibutuhkan 40 ribu perwira pelaut dalam 10 tahun ke depan. “Padahal, sempat ada kesulitan bagi pelaut Indonesia terjun di dunia pelayaran internasional menyusul peristiwa teror di Amerika Serikat 11 September 2001,” ungkapnya.

Perusahaan-perusahaan pelayaran internasional kini mulai mengajukan permintaan kembali akan sumber daya manusia (SDM) pelaut Indonesia. Upah untuk pelaut di pelayaran asing sudah relatif standar sekitar US$ 2 ribu.

Beberapa perusahaan yang menggunakan tenaga pelaut Indonesia antara lain perusahaan kapal pesiar asing seperti Holand America Line. Beberapa perusahaan asing lain seperti NYK, SUNJIN, JEWONG, Anthony Veeder, bahkan merekrut taruna-taruna calon pelaut sebelum masa studi berakhir.

Tenaga pelaut pada tingkat Suporting Level juga banyak dibutuhkan. Menurut Dedi, beberapa perusahaan asing semisal NYK Line, Jos Larsen, dan Anthony Veeder, telah meminta langsung ke beberapa Unit Pelaksana Teknis Diklat Perhubungan.

Diklat tingkat menengah juga dikembangkan dalam rangka menambah jumlah pelaut misalnya di Sorong, Nanggroe Aceh Darussalam, dan Ambon.

Pelaut Indonesia sempat dipersulit untuk berlayar ke Amerika setelah peristiwa 11 September. Mengingat sebagian besar kapal-kapal Eropa dimiliki perusahaan Amerika, pelaut Indonesia di Eropa sebanyak 11.500 orang saat itu dikurangi hampir separuhnya. Posisi pelaut Indonesia kemudian digantikan pelaut-pelaut dari Philipina, China, dan Eropa Timur pecahan Rusia. (Slv/OL-2)

Dikutip dari:

http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MjIzMjY=

1 Response to “Asing Butuh Ribuan Tenaga Pelaut Indonesia”



  1. 1 Dedi Darmawan » Asing Butuh Ribuan Tenaga Pelaut Indonesia Lacak balik pada Mei 19, 2009 pukul 2:31 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Anda adalah pengunjung ke:

  • 16,997 hits
Mei 2009
R K J S M S S
« Agu    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: